A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smanj501/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smanj501/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

KEGIATAN OLAH RAGA WARGA SMAN 5 JEMBER | SMA NEGERI 5 JEMBER

SMA NEGERI 5 JEMBER

Jl. Semangka 4, Baratan, Patrang, Jember

Sekolah Adiwiyata

KEGIATAN OLAH RAGA WARGA SMAN 5 JEMBER

Kamis, 25 Februari 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 733 Kali

BERSEPEDA PANCAL

Fisik yang aktif adalah kunci untuk memiliki kebugaran dan kesehatan tubuh. Pasalnya, aktivitas fisik yang teratur melindungi kita dari risiko penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi. Tak perlu menyewa pelatih khusus atau menghabiskan uang untuk pergi ke gym, kita bisa rutin melakukan aktifitas fisik atau olahraga dengan cara yang mudah dan murah, salah satunya dengan bersepeda pancal.

Berikut adalah fungsi atau manfaat dari bersepa pancal :

  1. Mengontrol berat badan Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan karena dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Penelitian menunjukkan bersepeda selama satu jam membantu membakar 300 kalori. Riset dari Inggris juga membuktikan, bersepeda selama setengah jam setiap hari membantu membakar lima kilogram lemak dalam setahun.
    2. Menjaga kesehatan jantung Bersepeda memperkuat otot jantung , menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan orang yang rutin bersepeda ke tempat kerja terpapar polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada mereka yang menggunakan mobil sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat. Riset dari Denmar yang meneliti 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun juga membuktikan bersepeda secara teratur melindungi kita dari penyakit jantung.
  2. Meminimalisir risiko diabetes Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik adalah alasan utama yang membuat penderita diabetes meningkat setiap waktu. Riset dari Finlandia membuktikan, bersepeda 30 menit per hari mampu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.
    4. Meningkatkan kesehatan mental Gangguan kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan mengendarai sepeda secara teratur. Hal ini disebabkan karena bersepeda memiliki efek yang sama seperti rekreasi sehingga mendorong dopamin yang memicu rasa bahagia.

    SENAM

Harapan untuk memiliki jiwa sehat salah satunya adalah dengan menjaga dan berusaha agar memiliki tubuh yang sehat. Salah satu usaha atau ikhtiar dalam meraih tubuh yang sehat dan kuat adalah dengan rutin berolahraga. Olah raga yang mudah untuk di lakukan di lingkungan sekolah sangat banyak sekali. Olah raga yang sering di lakukan oleh guru di SMAN 5 Jember adalah Senam yang rutin di lakukan di Jum’at pagi selama proses pembelajaran daring. Senam yang di lakukan bersama sama akan lebih menghasilkan hasil yang efektif karna dilakukan dengan senang dan ceria.

Berikut adalah beberapa manfaat dari senam bersama :

  1. Melenturkan Otot Tubuh

Melakukan senam lantai secara berkala bisa membuat otot Anda menjadi lentur lho. Pasalnya, gerakan-gerakan ini mengharuskan Anda untuk berguling, melompat dan menari seperti balet.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh tentu sangat diperlukan pada saat pandemi seperti sekarang ini. Anda bisa menjaga daya tahan tubuh Anda dengan cara melakukan senam lantai secara rutin di rumah.

    3. Menurunkan Berat Badan

Berlatih senam lantai cocok untuk menjadi olahraga penurun berat badan lho. Tidak percaya? Coba saja lakukan senam lantai ini selama 2 bulan. Kita lihat, apakah ada hasilnya atau tidak.

 

- SMALA JEMBER -

Berita Sekilas Info Pengumuman

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT