A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smanj501/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smanj501/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

WUJUDKAN SEKOLAH RAMAH, SMALA TERAPKAN 5S | SMA NEGERI 5 JEMBER

SMA NEGERI 5 JEMBER

Jl. Semangka 4, Baratan, Patrang, Jember

Sekolah Adiwiyata

WUJUDKAN SEKOLAH RAMAH, SMALA TERAPKAN 5S

Selasa, 06 Februari 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 156 Kali

Sekolah kini merupakan rumah kedua bagi siswa. Hal ini memang menjadi prioritas maupun tantangan bagi dunia pendidikan. Kebijakan fullday school yang diterapkan pemerintah membuat sekolah mewajibkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menjadi 5 hari kerja. Tentunya hal ini membuat jam belajar siswa lebih banyak di sekolah. Hal ini menjadi tantangan bagi sekolah untuk membuat siswa merasa seperti berada di rumah.

Pendidikan saat ini pun tidak hanya tentang transfer ilmu dari guru kepada siswa. Namun, pendidikan saat ini diartikan teori yang didapat siswa disekolah kiranya dapat diterapkan dalam lingkungan masyarakat. Artinya siswa tidak hanya memperoleh teori, namun juga transfer perilaku yang baik. Terlebih tantangan global saat ini telah menggerus prilaku dan sikap para generasi penerus bangsa ini.

Pengaruh globalisasi memang tidak dapat dibendung untuk tidak masuk ke Indonesia. Hal ini menjadi suatu konsekuensi logis dari perkembangan zaman. Terlebih siswa menjadi sangat rentan akan masuknya budaya asing. Sehingga mempengaruhi pola prilaku anak dan mulai melupakan jati dirinya sebagai bangsa yang memiliki sopan santun dan tata krama.

Berkaca dari permasalahan dan tatangan diatas, SMA Negeri 5 Jember berupaya membentuk karakter bagi siswanya melalui program 5S. Adapun program 5S merupakan sebuah akronim dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Program ini merupakan upaya untuk mewujudkan sekolah yang ramah. “Kami ingin membuat siswa merasa nyaman selama berada di sekolah, pada akhirnya mereka dapat menyerap ilmu pengetahuan dan tumbuh karakter dengan baik. Agar berguna di masyarakat dan menjadi contoh yang baik. Tentunya hal ini harus dimulai dari perilaku siswa di sekolah. Tentu harus diberi contoh dulu oleh bapak ibu guru” kata Bapak Siswo Suryono selaku Kepala SMA Negeri 5 Jember.

Program 5 S juga merupakan upaya sekolah untuk mengajarkan karakter sopan santun. Norma yang berlaku di masyarakat Indonesia kini mulai banyak dilupakan oleh siswa. Maka perlu adanya contoh yang diajarkan di sekolah. Selain itu, dengan adanya program 5 S ini diharapkan siswa termotivasi ketika mereka masuk sekolah disambut dengan baik. Sehingga ada semangat belajar yang terbangun ketika pelajaran berlangsung dan siswa merasa nyaman dengan kondisi belajar disekolah.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Siswo Suryono, S.Pd., M.Pd.

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.. Selamat datang di website SMAN 5 Jember.

Selengkapnya

KATEGORI

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website Ini Menarik ?

LIHAT HASIL